Thursday, November 13, 2014

troubelshooting kelistrikan body part 1

Met malem agan agan. . . . .

Postingan kali ini akan membahas tentang troubelshooting sistem kelistrikan pada mobil

Langsung saja, . . . Troubelshooting apa saja sih yang mungkin bahkan sering terjadi pada kelistrikan mobil ?

Yang sering terjadi itu biasanya kerusakan atau masalah pada :
Lampu lampu
Klakson
Washer & wiper
Sistem alarm
Bahkan sampai ke sistem AC

Ok langsung Saja kita bahas satu persatu. . . . . .

#Troubelshooting pada lampu lampu kendaraan

1. Lampu kepala mati

Kemungkinan penyebabnya adalah :

- saklar atau handle lampu kepala erorr
- soket lampu kepala lepas
- terdapat kabel yang putus
- relay HEAD rusak
- Fuse/sekering headlamp putus/rusak
- atau filamen lampu kepala itu sendiri yang putus

Langkah perbaikan

- siapkan alat dan bahan
- pertama kita cek dan pastikan bahwa sakelar headlamp dalam keadaan baik, jika kotor atau berkarat bersihkan dg menggunakan amplas
- lalu kita cek dan pastikan bahwa soket headlamp dlm posisinya yang benar
- lalu pastikan pula tidak ada kabel yang putus terutama pada kabel sambungan
- tes relay HEAD yang ada pada fuse box dgn menghubungkan trminal 85 dan 86 pada relay ke + & - batrai, pastikan ada bunyi klik atau tes terminal 30 dan 87 relay dgn multitester, pastikan ada hubungan dan jika tdk ada hubungan ganti relay HEAD
- cek pula sekering headlamp dalam keadaan baik tidak putus. Sekring headlamp ada dua yaitu kanan dan kiri, biasanya kalau sekering headlamp kanan putus maka lampu kepala kanan menyala redup tetapi tidak mati, demikian pula sebaliknya
- yang terakhir cek lampu kepala itu sendiri apakah filamennya terputus atau gosong, tes menggunakan multitester, jika filamennya putus, ganti bohlam lampu kepala dgn yg baru. .

2. Lampu kota mati

Kemungkinan penyebab :

- saklar lampu kota rusak/kotor
- soket lepas
- kabel ada yang putus
- sekering TAIL putus
- atau lampu kota itu sendiri yang rusak/mati

Langkah perbaikan :

- pastikan saklar kondisi baik
- posisi soket benar, tidak lepas
- pastikan tidak ada ada kabel yang putus
- pastikan fuse/sekring TAIL yang ada di fuse box tidak putus
- dan cek pula lampu kota itu sendiri, pastikan filamen lampu tdk putus, jika putus maka gantilah

3. Lampu rem mati

Kemungkinan penyebab

- switch rusak
- soket lepas
- sekering STOP putus
- kabel ada yang putus
- lampu rem mati atau rusak

Langkah perbaikan :

- cek sekering STOP dari kondisi putus atau tidak
- pastikan tidak trdapat kabel yang putus
- jumper switch rem dgn kabel, dlm kondisi ini lampu harus nyala. Jika lampu rem msih mati, ganti lampu rem, dan jika sesudah diganti tetap mati, maka kemungkinan besar switch rem yang rusak, gantilah

4. Lampu hazard dan sign

* lampu hazard mati

Kemungkinan penyebab :

- sakelar susak
- soket lepas
- kabel ada yang putus
- sekering IG1 putus
- sekering HAZARD putus
- FLASHER rusak
- lampu hazard dan sign mati

Langkah perbaikan

- pastikan sakelar dan soket dlm keadaan baik
- tidak trdapat kabel yang putus
- cek sekering IG1 di fuse box depan biasannya 40 A dari kemungkinan rusak / putus
- cek sekering HAZARD di fuse box bawah dasboard sebelah kanan dari kemungkinan putus
- pastikan FLASHER dlm keadaan baik, jika rusak ganti flasher
- pastikan pula bahwa filamen lampu hazard tdk putus

* lampu sign ( lampu tanda belok ) mati

Kemungkinan penyebab :

- saklar dan soket rusak
- trdapat kabel yang putus
- sekering IG1 putus
- sekering IG1/BACK putus
- FLASHER rusak
- lampu sign mati

Langkah perbaikan :

- pastikan sakelar dan soket dlm kondisi baik
- pastikan tdk ada kabel yang putus
- cek sekering IG1 dari kemungkinan putus
- cek sekering IG1/BACK dari kemungkinan putus
- pastikan FLASHER baik
- cek filamen lampu sign dari kemungkinan putus

Mungkin sekian dulu postingan kali ini, . . .
Dan insya allah akan dilanjut untuk troubelshooting kelistrikan body lainnya di postingan selanjutnya. . . .

Jika kurang paham atau mungkin ada kekeliruan pada postingan saya, jika mau membetulkan atau punya kritik dan saran silahkan ketikan di komentar. . .

Terima kasih

Oh ya. . . .
NB :
sebelumnya kalau mau memperbaiki troubelshooting kelistrikan body pastikan bateray kendaraan dalam keadan baik. . . .

3 comments: