Saturday, November 29, 2014

Sistem rem cakram

Selamat sore semua. . . . . .
Selamat bersantai bagi yang sedang santai. . . .
Ketemu lagi dgn blog saya dunia otomotif yang kali ini akan membahas tentang sistem rem

Ok langsung saja kita ke tkp . . .

Sistem Rem atau bahasa gaulnya brake system adalah seperangkat alat yang digunakan untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan yang sedang berjalan
Selain itu juga digunakan untuk memparkir mobil pada kondisi jalan menanjak
Atau ada juga yang mengatakan bahwa rem digunakan untuk ngebut. Loh kok bisa ?
Ya bisa lahhh. . . . Kalo nggak ada rem mana ada orang yg berani ngebut ? Hahahaha
yang ada nabrak karena nggak bisa berhenti.
Dan adanya rem pada kendaraan sangatlah penting untuk keselamatan pengendara, jika tidak ada rem maka pengendara bisa mengalami kecelakaan yang bisa menyebabkan kematian.

Macam2 sistem rem :

sebenarnya sistem rem ini bnyak macamnya, hanya saja yg akan dibahas disini adalah sistem rem cakram dan sistem rem tromol

Rem Cakaram

Rem cakram atau bahasa gaulnya disc brake
Adalah jenis rem yang biasanya terdapat pada roda depan kendaraan.
Terjadinya gaya pengereman pada rem cakram adalah akibat dari gesekan antara kanvas rem dan piringan rem.

Komponen sistem rem cakram :

- pedal rem
Komponen sistem rem yang biasanya terletak di bawah setir.

- boster rem
Komponen sistem rem yang berfungsi melipatgandakan gaya/kekuatan dari pedal rem, sehingga rem terasa ringan saat di injak.

- master sylinder
Komponen sistem rem yg berfungsi sebagai tempat menampung miyak rem yang selanjutnya mengalirkan minyak rem ke kaliper rem melalui selang saluran rem

- kaliper rem
Komponen sistem rem yang berfungsi sebagai rumah piston rem dan mengikat kanvas rem.

- piston rem
Komponen sistem rem yang mendorong kanvas rem agar menjepit piringan rem sehingga bergesekan saat pedal rem diinjak.

- karet piston dan kaliper
Komponen sistem rem yang melindungi piston dan kaliper agar tidak bocor dan tergores

- kanvas rem
Komponen sistem rem yang menjepit dan bergesekan langsung dengan piringan rem, kanvas rem ini yang biasanya sering aus dan harus diganti akibat selalu bergesekan saat pengereman.

- piringan rem / cakram
komponen sistem rem yang menyatu dengan poros penggerak roda depan, sehingga pada saat roda berputar maka piringan pun ikut berputar

- minyak rem / fluida rem
Komponen sistem rem yang meneruskan gaya dari pedal rem ke kaliper dan mendorong pistor rem.

keuntungan rem cakram :

1. Pelepasan panas yang lebih baik

2. Apabila bagian-bagian rem
terkena air, bisa lebih cepat kering. Karena kontrukrsi sistem remnya terbuka

3. Konstruksi sistem rem yang lebih sederhana, dan

4. Rem cakram pada mobil lebih
mudah dalam hal perawatan.

Kerugian rem cakram :

1. Debu dan kotoran kecil dapat mudah masuk karena kontruksi sistem rem yang terbuka.

2. Diperlukan tenaga pengereman yang besar.

Untuk pembahasan sistem rem tromol dan rem tangan akan dibahas pada postingan berikutnya. . . . . .

Mungkin sekian dulu yang bisa saya sampaikan , kurang lebihnya mohon maaf. .

Jangan lupa beri kritik dan saran untuk blog dunia otomotif ini di kolom komentar. . .

Terima kasih atas kunjungan dan perhatian agan2 sekalian. . .
Tunggu postingan saya selanjutnya ya. . . . . .

Salam sukses

Salam kompak selalu

0 comments:

Post a Comment