Sunday, November 16, 2014

SPESIFIKASI MESIN

Selamat malam. . . .
Sebelum tidur. . .
Sambil istirahat. . . .
Setelah beraktivitas di siang tadi
Yang sedang refreshing atau yang sedang mencari ilmu. . .
Bertemu lagi dgn blog dunia otomotif yang kali ini akan membahas tentang spesifikasi mesin mobil

Ok langsung saja ke tkp

Spesifikasi mesin

a. Susunan silinder

Susunan silinder yang digunakan mobil pada umumnya adalah :

- Tipe in-line
 
 
Silinder-Silinder disusun dalam satu baris, tipe ini banyak digunakan karena kontruksinya yang sederhana.

- Tipe V
 
 
Blok silinder berbentuk V (V-shape) . Tipe ini memungkinkan tinggi dan panjang mesin menjadi berkurang.

- Tipe horizontal Berlawanan
 

Silinder-silinder disusun horizontal dan berlawanan satu dgn lainnya. Susunan seperti ini dapat mengukur tinggi mesin.

b. Mekanisme katup

Mesin 4 tak mempunyai satu atau dua katup masuk dan katup buang pada setiap ruang bakarnya. Mekanisme katup adalah suatu mekanisme untuk membuka dan menutup katup-katup pada mesin.
Tipe mekanisme katup pada umumnya antara lain :

- Tipe Over Head Valve (OHV)
 

Mekanisme katup ini sederhana dan high reliability. Penempatan chamshaftnya diletakan pada blok silinder dibantu dgn valve lifter dan pushrod  antara rocker arm.

- Tipe Over Head Camshaft (OHC)

 
Pada tipe ini, camshaft ditempatkan diatas kepala silinder dan langsung menggerakan rocker arm tanpa melalui lifter dan pushrod. Camshaft digerakan oleh poros engkol melalui rantai atau sabuk penggerak.
Tipe ini sedikit lebih rumit dari OHV, tetapi karena tidak menggunakan lifter dan pushrod maka berat bagian yg bergerak menjadi berkurang. Namun kemampuannya pada kecepatan tinggi cukup baik karena katup2 membuka dan menutup lebih tepat pd kecepatan tinggi.

- Tipe Double Over Head Camshaft (DOHC)

 
Dua camshaft ditempatkan pd kepala silinder, satu camshaft menggerakan katup masuk dan satunya lagi untuk menggerakan katup buang. Pada tipe ini tidak memakai rocker arm karena camshaft langsung menggerakan katup-katup, berat komponen yg bergerak pun berkurang dan pembukaan dan menutupnya katup-katup lebih presisi pada putaran tinggi.
Kontruksinya sangat rumit namun kemampuannya sangat tinggi dibandingkan tipe lainnya.
Ada 2 mekanisme katup DOHC :
- kedua camshaft digerakan oleh sabuk/belt (single drive belt directly)
- hanya exhaust camshaft yang digerakan oleh sabuk/belt dan intake camshaft digerakan oleh exhaust camshaft melalui roda gigi.

c. Lubang silinder dan langkah torak

Mesin dapat diklasifikasikan menjadi 3 tipe oleh perbandingan diameter lubang silinder (cylinder bore) degan langkah torak :

1. Long stroke engine

Yaitu : Langkah torak lebih panjang daripada diameter silinder.

2. Square engine

Yaitu : Langkah torak sama dengan diameter silinder.

3. Short stroke (over-square) engine

Yaitu : Langkah torak lebih pendek daripada diameter silinder.

Demikian pembahasan tentang spesifikasi mesin, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar
Jangan lupa beri kritik dan saran juga dikomentar yah ?

Sekian dan terima kasih atas kunjungan dan perhatian dari agan2 sekalian. . . . . .
Tunggu postingan saya selanjutnya. . . . .

Salam sukses

Salam kompak selalu

0 comments:

Post a Comment