Saturday, November 29, 2014

Mengatasi mesin overheat

Assalamualaikum. . . Sobat otomotif. . . . . .

Jumpa lagi di blog dunia otomotif yang kali ini akan membahas tentang mesin kendaraan yang overheat atau panas berlebihan

Ok . . Langsung saja kita ke tkp. . . .

Dinegeri indonesia yg merupakan daerah tropis, maka mobil pun akan cepat mengalami panas. Masalah overheat ini termasuk masalah yg Sering terjadi pada kendaraan.
Kejadian yg lazim misalnya seorang pengemudi melihat indikator suhu di dasbordnya yg menunjukan temperatur hot, dan performa mesin pun menurun akibat panas yg berlebihan pada mesin tersebut atau yg kita kenal dgn overheating.

Lalu apa sih penyebab terjadinya mesin menjadi panas berlebihan atau overheating ?

Penyebab overheating diantaranya :

1. Cairan radiator kurang
2. Aliran cairan radiator tidak lancar
3. Selang-Selang radiator tersumbat akibat terpelintir atau karena sebab lainnya.
4. Ada kerak di sirip radiator sehingga pendinginan pun tidak optimal
5. Termostat rusak
6. Pompa air rusak
7. Tutup radiator rusak
8. Air pendingin tidak sesuai
9. Kipas pendingin tidak normal
10. Knalpot tidak lancar mengalirkan gas buang.

Lalu apa yang harus dilakukan jika mesin overheating ?

Jika melihat faktor2 penyebab diatas, maka matikan mesin terlebih dahulu, stelah itu, lakukan langkah2 berikut :

1. Dinginkan mesin lalu buka kap mesin, buka tutup radiator dan periksa apakah cairan pendingin radiator kurang ?. Jika iya , tambah cairan pendingin, gunakan juga cairan pendingin yang sesuai.

2. Periksa kebocoran radiator dan tutup radiator dgn radiator tester dan radiator cup tester.

3. Kalau tidak , jika baru kemarin ditambah cairan pendingin tapi sudah mulai kosong lagi, brarti ada yang bocor di radiator.
Untuk mengetahui bagian mana yg bocor :
Lepas radiator dr mobil,
Kuras semua air pendingin,
Lalu tutup semua bagian yang berlubang pada radiator,
Masukan angin kompresor ke radiator dan tutup yg rapat,
Masukan radiator tsb ke dalam air (sprti pada saat kita nambak ban)
Lalu lihat bagian mana yang bocor.

Cara Mengatasinya yaitu dgn mengelas dibagian yg bocor tadi.

4. Cek selang2 radiator, apakah ada yang terpelintir atau kendur yang mengakibatkan terjadinya kebocoran, jika kendur maka kencangkanlah.
Untuk melihat apakah selang radiator bocor atau tidak yaitu dgn cara menyalakan mesin kemudian di gas mobil agar kecepatan mesin tinggi, maka tekanan pompa pun tinggi dan kebocoran akan terlihat pada selang.
Cara mengatasinya dgn menambal selang tersebut dgn vinyl atau menggantinya dgn yang baru.

5. Periksa termostat apakah dalam keadaan baik atau rusak ?
Dgn cara melepas termostat yaitu dgn melepas selang besar dari mesin ke radiator lalu buka rumah termostat dan lepas termostat.
Kemudian letakan termostat tersebut di dalam air panas yang suhunya kira2 80 derajat celcius, dan lihat apakah katup termostat membuka atau tidak ?. Jika iya berarti termostat msih bagus
Tetapi jika tidak, berati termostat tersebut rusak maka harus diganti.

6. Periksa juga kipas radiator dgn memeriksa secara visual. Tidak lupa pula untuk mengecek tali kipas apakah masih layak atau sudah rusak dan harus diganti dengan pengecekan secara visual.

7. Periksa pula pompa air pendingin apakah rusak atau tidak ? Dgn cara saat mesin dingin dan dinyalakn, lalu buka tutup radiator dan tambahkan air pendingin, lihatlah apakah air pendingin mengalir kebawah atau tidak ?. Tambahkan lagi sampai penuh lalu tutup.
Jika saat pertama membuka tutup radiator air mengalir kebawah, maka pompa air masih bagus. Tetapi jika tidak maka gantilah pompa air.

8. Periksa knalpot barangkali tersumbat benda2 asing atau pun karena permasalahan lainnya seperti adanya kerak didalam knalpot yang menyebabkan knalpot tidak lancar membuang gas buang.
Jika terdapat benda asing ataupun kerak didalam kenalpot maka perbaikilah atau ganti knalpot yang baru.

Ya mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan , kurang lebihnya mohon maaf. . .

Jangan lupa beri kritik dan saran untuk blog dunia otomotif ini atau pun mungkin ada yang mau menambahkan materi silahkan tulis di kolom komentar. . . .

Terima kasih atas kunjungan dan perhatian sobat otomotif semuanya.. . . .

Tunggu postingan saya selanjutnya ya ?

Salam sukses

Salam kompak selalu

0 comments:

Post a Comment