Saturday, November 29, 2014

Rem parkir

Assalamualaikum. . . Sobat otomotif. . . .

Jumpa lagi dengan blog dunia otomotif yang kali ini akan  memosting postingan yang ada kaitannya dgn postingan sebelumnya gan. .
Kalau postingan sebelumnya kan telah kita bahas tentang rem cakram dan rem tromol, maka pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang sistem rem parkir.

Ok langsung saja kita ke tkp. . . .

Rem parkir

Rem parkir atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan Rem tangan (karena kebanyakan berbentuk tuas yang ditarik dengan tangan)
memiliki fungsi sebagai pengaman disaat memarkir kendaraan.

Rem parkir terbagi menjadi
dua tipe :
1. tipe roda belakang
2. tipe center brake,

Umumnya Kendaraan penumpang menggunakan tipe roda belakang contohnya mobil xenia, avanza, Honda jazz dan sebagainya, sedangkan
kendaraan truk atau niaga menggunakan tipe center brake seperti dyna dan mobil truk lainnya.

CARA KERJA REM PARKIR

Mekanisme kerja dasarnya
sama untuk tipe rem parkir
roda belakang dan tipe center
brake.
Dan biasanya Tuas rem parkir
ditempatkan berdekatan
dengan tempat duduk
pengemudi.
Pada saat tuas rem parkir ditarik,maka rem bekerja melalui kabel rem parkir, lalu ke tuas intermediate, pull rod, equalizer,
Kabel rem parkir sebelah kiri dan
kanan dan terakhir menarik sepatu rem sehingga sepatu rem mengembang dan menekan tromol .

Tuas rem parkir dilengkapi
dengan rachet untuk
mengatur tuas pada suatu
posisi pengetesan. Pada
beberapa tuas rem parkir mur
penyetelannya dekat dengan
tuas rem untuk memudahkan
penyetelan.

Pada rem parkir tipe roda
belakang, dibagian tengah kabel rem parkir diberi :

- equalizer
untuk menyamakan daya kerja pada roda kiri dan kanan.
Dan
-Tuas intermediate (intermediate
lever) dipasang untuk menambah daya pengoperasian.

Ada beberapa tipe tuas rem parkir yang digunakan di mobil2 tergantung pada desain tempat duduk pengemudi dan sistem kerja yang dikehendaki. Misalnya :

- Tipe Tuas
- Tipe Stick
Dan lain sebagainya.

Ya sekian pembahasan tentang sistem rem parkir, kurang lebihnya saya meminta maaf. . .

Jangan segan2 untuk memberi kritik dan saran dikolom komentar gan. . .

Terima kasih atas kunjungan dan perhatian sobat otomotif semuanya. . .

Tunggu postingan saya berikutnya yah ?

Salam sukses

Salam kompak selalu

1 comments: