Thursday, November 13, 2014

Troubelshooting kelistrikan part 2

Selamat malam
Selamat istirahat. . . .
Semoga kita selalu sehat. . . . .
Dan selalu diberi nikmat. . . .
Oleh sang pencipta alam saya jagat. . . .
Hehe. . . .
Langsung ke tkp saja yah ?
Postingan kali ini melanjutkan postingan sebelumnya gan, yaitu tentang troubelshooting kelistrikan pada kendaraan roda empat alias mobil. . . .
Kalau postingan sebelumnya tentang
1. Lampu kepala
2. Lampu kota
3. Lampu rem
4. Lampu hazard dan lampu sign

Maka kali ini tentang :
5. Jika lampu mundur atau back ligh mati
Maka kemungkinan penyebabnya :
- switch lampu mundur rusak
- ada kabel yang putus
- sekering IG1/BACK putus
- soket lepas
- lampu mundur itu sendiri yang mati
Langkah perbaikan :
- pastikan switch lampu mundur tidak rusak
- pastikan soket dan kabel dalam kondisi baik
- cek sekering IG1/BACK dari kemungkinan putus
- periksa filamen lampu mundur apakah putus atau tidak ? Jika putus, ganti lampu
6. Klakson mati ?
Kemungkinan penyebab :
- soket lepas
- ada kabel yang putus
- relay HORN rusak
- sekering HORN putus
- klakson itu sendiri yg mati
- kekurangan masa
Langkah perbaikan :
- pastikan soket dan kabel dan kondisi baik
- periksa relay HORN dari kemungkinan rusak/mati
- cek sekering HORN dari kemungkinan putus
- periksa pula klakson ataukah masih brfungsi atau tidak dgn cara menjumpernya dgn kabel dan masing2 kabel ke positif dan negatif bateray, jika klakson bunyi brarti masih baik
NB:
Jangan lupa sebelum melakukan langkah perbaikan sistem kelistrikan, pastikan bahwa bateray kendaraan anda dlm keadaan baik, dgn cara memeriksa:
- berat jenis baterai
- tegangan baterai
- kualitas baterai
- tinggi air accu
- kondisi terminal baterai
- kondisi kotak baterai dll
Ya mungkin sekian dulu postingan kali ini. . . . .
Untuk troubelshooting kelistrikan lainnya akan diuraikan di postingan selanjutnya. . . . .
Berhubung ini sudah malam dan saya pun sudah ngantuk mau tidur. . . . . . Karena dari tadi ngetik cape juga. . . . .
Jangan lupa berikan kritik dan saran di komentar. . . . .
Terima kasih
Salam sukses
Salam kompak selalu

0 comments:

Post a Comment