Saturday, November 15, 2014

Troubelshooting kelistrikan body part 3

Selamat malam. . . . . .
Selamat beristirahat. . . . . .
Daripada bengong. . .
Mendingan ngelanjutin postingan yg kemaren aja. . .
Kalau kemaren sudah tak jelaskan tentang :
Troubelshooting kelistrikan body part1
Troubelshooting kelistrikan body part2
Maka kali ini akan dibahas troubelshooting kelistrikan body part3 yang isinya antara lain :
- troubelshooting pada whaser&wiper
Dan
- troubelshooting pada power window
Ok langsung saja kita bahas one by one alias satu persatu:
Troubelshooting pada washer&wiper
Washer&wiper erorr atau tdk bekerja
Kemungkinan penyebab :
- sakelar washer&wiper kotor atau bahkan erorr
- soket dan kabel tdk berhubungan atau lepas
- sekering IG1 dan sekering WASHER&WIPER putus
- motor washer mati
Langkah perbaikan
- cek dan pastikan bahwa saklar washer&wiper dalam keadaan baik, jika kotor bersihkan dan jika erorr maka gantilah
- pastikan soket dan kabel2 dalam keadaan berhubungan alias tidak putus, terutama pada kabel2 sambungan
- cek sekering IG1 pada fuse box depan biasanya 40A dari kemungkinan putus atau rusak
- cek juga sekering WASHER&WIPER pada fuse box dibawah dasboard biasanya 20A dari kemungkinan putus atau rusak
- periksa motor washer, bagaimana washer bisa bekerja kalau motor washernya saja error ?
Periksa motor washer dari kerusakan dg cara:
- cek soket2 yang ke motor washer barangkali ada yang lepas, atau
- cek langsung motor waser trsebut dgn cara melepasnya dan dijumper langsung kebaterai, pastikan saat diberi arus motor washer bisa bekerja, jika tidak bekerja itu artinya motor washer tersebut erorr maka gantilah
Troubelshooting pada power window
Power window mati atau tidak berfungsi
Kemungkinan penyebab :
- sakelar power window kotor atau erorr
- soket dan kabel ada yang putus atau lepas
- sekering IG1 dan IG1/back putus
- relay POWER mati
- motor power window mati/erorr
Langkah perbaikan :
- periksa sakelar power windaw dari kemungkinan kotor dan rusak terminalnya
- periksa jg soket dan kabel2 powerwindow dari kmungkinan putus atau lepas
- cek sekering IG1 40A di fuse box depan dari kmungkinan putus
- cek juga sekering IG1/back 10A di fuse box dalam tepatnya dibawah dasboard sebelah kanan dari kemungkinan putus
- cek relay POWER yang letaknya di fuse box dalam biasanya disamping FLASHER dgn cara memberi arus pada terminal 85-86 dan pastikan ada bunyi klik atau ditest pakai multitester harus ada hubungan antara terminal 30 dan 87 relay, jika tdk bunyi klik dan tanpa hubungan stelah diberi arus pada 85-86 berarti relay mati atau rusak, jadi gantilah
- periksa motor power window dari kerusakan dgn cara memberinya arus langsung dari baterai, jika tidak brfungsi jg walaupun sudah diberi arus langsung maka gantilah motor power window tsb
NB :
Sebelum melakukan pengecekan diatas, pastikan terlebih dahulu bahwa baterai kendaraan dalam kondisi baik dgn cara mengecek:
- tegangan baterai
- kemampuan baterai
- kapasitas air accu
- kondisi terminal
- kondisi kotak baterai dan lain2
Mungkin sekian postingan saya kali ini, untuk prtanyaan mengenai troubelshooting kelistrikan body silahkan tulis dikomentar gan. . . .
Jangan lupa beri kritik dan saran juga dikomentar yah ?
Sekian dan terima kasih atas kunjungan dan perhatian dari agan2 sekalian
Tunggu jg postingan2 saya selanjutnya. . . . . .
Salam sukses
Salam kompak selalu

0 comments:

Post a Comment