Saturday, November 15, 2014

SISTEM PENDINGINAN

Selamat pagi. . . . . .
Semangat untuk mulai beraksi. . . .
Untuk mengawali hari ini saya posting mengenai sistem pendinginan pada kendaraan roda 4 alias mobil. . . .

Ok langsung saja kita ke tkp. .  .

SISTEM PENDINGINAN

Panas hasil pembakaran di dalam
mesin, sebagian diubah menjadi
tenaga penggerak, sebagian
dibuang keluar sebagai gas
buang,dan sebagian lagi diserap
oleh bagian-bagian mesin itu sendiri.
Panas yang diserap ini harus
dibuang juga keluar agar panas
mesin tidak berlebilan (over
heating).
Untuk mengatasi hal tersebut,
maka mesin dilengkapi dengan
sistem pendinginan.
Sistem pendingin ada 2 macam yaitu :
- sistem pendinginan udara dan
- sistem pendinginan air
Tetapi yang lebih
umum digunakan pada mobil
adalah sistem pendinginan air, karena selain fungsinya untuk mendinginkan mesin juga air berfungsi sebagai peredam sehingga bunyi yg dihasilkan mesin tidak berisik

KOMPONEN SISTEM PENDINGIN AIR :


- Radiator
- tutup radiator
- selang atas dan selang bawah radiator
- waterpump
- water jaket
- selang bypass
- thermostat
- kipas ( fan )
- reservoir tank
- dan yang pasti air radiator

Ok kita bahas satu persatu komponen sistem pendingin diatas

1. Radiator


Terdiri dari :
- upper tank
- lower tank
- radiator core / inti radiator
Upper tank yaitu bagian atas radiator dan lower tank yaitu bagian bawah radiator.
Sedangkan inti radiator yaitu bagian tengah/inti dari radiator yg dapat dilewati air pendingin dari upper tank ke lower tank, inti radiator ini bersirip dgn tujuan untuk menyerap panas dari air radiator.

2. Tutup radiator
 
Terdiri dari :
- pressure valve ( katup tekanan )
- vacuum valve (katup vakum )
Pressure valve atau juga ada yg menyebut relief valve adalah katup pada tutup radiator yang berfungsi untuk membuang air radiator ke reservoir tank pada saat tekanan di dalam radiator naik
Sedangkan
Vacuum valve adalah katup pada tutup radiator yang berfungsi mengembalikan atau mengalirkan air radiator dari reservoir tank ke dalam radiator pada saat tekan didalam radiator turun

3. Water pump


Water pump atau pompa air berfungsi mengalirkan atau mensirkulasikan air pendingin ke dalam mesin.
Pada umumnya kendaraan saat ini menggunakan pompa air jenis sentrifugal yang cara kerjanya digerakan oleh mesin (crankshaft) melalui tali kipas atau v-belt.

4. Thermostat


berfungsi :
- mempercepat tercapainya temperatur kerja mesin
- mempertahankan/menjaga temperatur krja mesin saat mesin hidup
Cara kerjanya :
Pada saat temperatur air pendingin didalam mesin rendah (dibawah 80 derajat) maka katup thermostat tertutup sehingga alirannya tidak ke radiator akan tetapi kembali lagi ke mesin melalui selang by pass
Sedangkan pada saat temperatur air pendingin tinggi (80-90 derajat) maka katup thermostat membuka dan air pndingin yg panas dari mesin bisa dialirkan ke radiator untuk didinginkan.

5. Kipas / fan


Berfungsi untuk mendinginkan air pendingin didalam radiator dgn cara mengalirkan udarb ke radiator
Ada 2 macam kipas pendingin :
- kipas yg digerakan oleh mesin melalu tali kipas
- kipas yg digerakan oleh elektrik

6. Water jaket

Yaitu : lubang didalam mesin sebagai jalannya air pendingin.

7. Selang bypass

Yaitu : saluran sistem pendinginan yang mengalirkn air pending kembali ke mesin apabila katup thermostat masih tertutup.

8. Reservoir tank

Yaitu : tangki cadangan untuk menampung air pendingin dari radiator apabila tekanan di dalam radiator naik.

Sekian postingan saya kali ini, untuk pertanyaan mengenai sistem pendinginan silahkan tulis dikomentar gan
Jangan lupa beri kritik dan saran di komentar juga yah ?

Sekian dan terima kasih atas kunjungan dan perhatian agan2 sekalian

Tunggu postingan saya selanjutnya. .. . . .


SALAM SUKSES

SALAM KOMPAK SELALU

0 comments:

Post a Comment