Monday, November 24, 2014

KOPLING

Assalamu.alaikum
Sobat pecinta dunia otomotif
Dimanapun kalian berada. . .
Jumpa lg di blog saya yaitu dunia otomotif yg kali ini akan memosting tentang sistem kopling pada kendaraan ringan khususnya mobil.

Ok langsung saja kita ke tkp.  . .

Kalo kemarin pada postingan sebelumnya kan saya menjelaskan tentang transimi manual, maka kali ini pun saya akan menjelaskan tentang sistem yg bersankutan dgn pemindah daya yaitu sistem kopling

Yang akan kita bicarakan disini adalah sistem kopling manual yang selanjutnya kita sebut dengan kopling saja.

Ok ini dia. . . . .

KOPLING

Apa itu kopling ?

Yaitu : suatu bagian dari sistem pemindah daya yang terletak diantara engine dan transmisi.

Apa fungsinya ?

Fungsi kopling yaitu :
- memutus dan menghubungkan tenaga dari mesin ke transmisi saat akan oper gigi
- memindahkan daya dari mesin ke transmisi
- memperhalus pemindahan gigi transmisi
- memperhalus pada saat mobil pertama kali akan jalan

Apa saja sih komponen2 kopling ?

Ini dia komponen kopling dan komponen pendukung kopling :

- fly wheel/roda gila (komponen pendukung)
Yaitu : bagian dari mesin yang nantinya akan berhubungan dgn plat kopling.

- pedal kopling
Yaitu komponen kopling yg letaknya di bawah stir mobil biasanya selah kiri daripada pedal rem

- kabel kopling
Yaitu komponen kopling yang menghubungkan pedal kopling ke release fork.

- release fork / release cylinder
Yaitu komponen kopling yg menghubungkan gaya dari pedal kopling yg dialirkan melalui kabel kopling ke release bearing.
Perbedaan release fork dan release cylinder yaitu:
Kalau release cylinder digunakan pada kopling tipe fluida sedangkan release fork digunakan pada kopling tipe mekanik / biasa.

- release bearing
Yaitu bagian kopling yang meneruskan gaya dari release fork ke diafragma spring. Release bearing ini berputar karena berhubungan dgn inputshaft transmisi.

- diafragma spring
Yaitu bagian kopling yg biasanya disebut dgn istilah matahari karena bentuknya yg menyerupai sinar matahari. Pada diafragma spring terdapat return spring.

- pressure plate
Yaitu bagian kopling yang letaknya diantara diafragma spring dan clutch disc.

- clutch disc
Yaitu bagian kopling ya berhubungan dgn flywheel dan inputshaft transmisi.

- clutch cover
Yaitu cover atau rumah kopling.

Cara kerja kopling

Bagaimana caranya kopling bekerja ?

Simak yang satu ini,
Cara kerja kopling yaitu :

Saat pedal kopling diinjak maka kabel kopling tertarik sehingga menarik ujung dari release fork, karena kerja release fork sprti pengungkit, maka saat ujungnya tertarik maka disisi lain release fork ini mendorong release bearing sehingga release bearing pun mendorong diafragma spring, lalu diafragma spring menarik pressure plate dan plat kopling akibatnya adalah plat kopling putus hubungan dgn fly wheel.
Jadi apabila pedal kopling diinjak maka fungsi kopling adalah memutuh daya mesin ke transmisi.

Begitu juga sebaliknya saat pedal kopling dilepaskan maka fungsi kopling pun menghubungkan daya dari mesin ke transmisi karena diafragma spring tidak tertekan oleh realese bearing sehingga pressure plate pun mendorong plat kopling dan berhubungan dgn fly wheel.

Syarat-syarat kopling

Apa aja sih syarat2 kopling yg baik ?

1. Harus bisa menghubungkan transmisi dengan mesin secara lembut

2. Harus bisa memindahkan tenaga tanpa terjadi slip

3. Harus bisa membebaskan atau memutus hubungan transmisi dan mesin dgn sempurna dan cepat.

Ya mungkin sekian dulu postingan saya kali ini . . .
Semoga bermanfaat. . .
Jangan lupa untuk memberi kritik dan saran untuk blog ini dikomentar. . ,

Terima kasih atas kunjungan dan perhatian dari saudara sekalian. . .

Tunggu postingan saya selanjutnya ya. . . .

Salam sukses

Salam kompak selalu

1 comments: